Friday 30 April 2010

Ubuntu 10.04 LTS resmi dirilis

Ubuntu sebagai salah satu distro Linux yang populer memang menargetkan setiap 6 bulan sekali merilis versi baru. Setelah sukses dengan versi 9.10 yang dirilis pada bulan oktober 2009, hari ini (tanggal 29 April waktu GMT) Ubuntu versi 10.04 Lucid Lynx resmi dirilis.

Ubuntu 10.04 LTS Lucid Lynx
Ubuntu 10.04 adalah versi LTS (Long Term Service) - versi dengan dukungan service lama, maksudnya dukungan service (update dan sebagainya) untuk versi ini akan berlaku kurang lebih 2-3tahun mendatang terhitung dari tanggal rilis. Hal ini sangat berguna ketika kita menggunakan Ubuntu untuk keperluan komersial, terlebih jika kita menggunakan Ubuntu Server.  So... kita tidak perlu ragu untuk migrasi ke Ubuntu 10.4 :D

Berikut adalah fitur-fitur unggulan dari Ubuntu 10.04
1. Menjelajah Web
Ubuntu sudah terinstall browser Mozilla Firefox – for fast, safe web browsing. Anda juga dapat memilih browser opensource alternatif lainnya dari Ubuntu Software Centre.

2. Membuat dokumen dan presentasi professional
OpenOffice.org sangat kompatibel dengan Microsoft Office dan memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk membuat dokumen, spreadsheet, dan presentasi professional. OpenOffice.org mudah digunakan, dan tersedia dengan fitur yang Anda butuhkan dan gratis.

3. Mendapatkan software gratis
Ubuntu Software Centre memberikan Anda akses secara langsung ke ribuan aplikasi open-source gratis. Anda hanya perlu menjelajah kategori software yang tersedia seperti : education, games, sound and video, graphics, programming dan office. Software mudah dicari, diinstall, dan digunakan.

4. Email dan Chat
Chatting dengan menggunakan Empathy. Dengan cepat integrasikan semua chat account Anda dari Yahoo, Gmail, MSN, Jabber, AOL, QQ, dan masih banyak lagi. Evolution Mail memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam ber-email.

5. Bersosialisasi dari awal
Baru di 10.04. Baca dan update social network Anda secara langsung. Me Menu memudahkan Anda mengakses Facebook dan Twitter. Menggabungkan fitur chat dan membuat update hanya melalui satu window. Bersosialisasi tidak pernah semudah ini.

6. Membeli lagu sambil mendengarkannya
Baru di 10.04. Music Player yang baru terhubung toko musik, jadi Anda dapat membeli dan mendownload lagu baru hanya dengan beberapa klik. Dan berterima kasihlah dengan Ubuntu One file-sharing, Anda dapat menyimpan musik secara online dan mendengarkannya dari komputer dan music player yang lain. Ubuntu mendukung berbagai macam format musik dan media player.

7. Lihat, menyimpan dan mengedit foto
Ubuntu siap untuk semua gadget Anda. Hubungkan telepon Anda dan kamera untuk men-download gambar Anda. Anda dapat mengatur foto Anda dengan F-Spot dan menggunakan alat-alat populer seperti Picasa, Facebook dan Flickr. Untuk mengedit foto yang maju, menemukan sebuah aplikasi gratis dari Ubuntu Software Centre.

8. Mobilise hidup digital Anda!
Semua pengguna Ubuntu mendapatkan Ubuntu bebas Satu account. Ubuntu Satu memungkinkan Anda untuk menyimpan semua jenis file online sehingga Anda dapat mengaksesnya di mana saja. Menyimpan bookmark, kontak, musik dan gambar. Ambil semuanya di mana-mana dengan Ubuntu Satu.

9. Membuat, memutar dan mengedit video
Nonton semua konten favorit Anda dari YouTube, iPlayer, dan MSN Player. Putar video Anda sendiri dengan Movie Player, atau menggunakan PiTiVi untuk mengedit video Anda.

10. Ubuntu start dengan cepat
Ubuntu beban dengan cepat di komputer manapun, tapi super-cepat pada mesin yang lebih baru. Setelah loading, membuka browser memerlukan beberapa detik, tidak seperti sistem operasi lain yang membuat Anda menatap layar, menunggu untuk online.

11. Pilih dari ratusan permainan gratis
Ubuntu Software Centre menawarkan ratusan games, termasuk teka-teki, petualangan, tantangan taktis dan banyak lagi. Semua bebas memilih dan bebas untuk digunakan.

12. Aksesibilitas
Ubuntu siap untuk semua gadget Anda. Hubungkan telepon Anda dan kamera untuk men-download gambar Anda. Anda dapat mengatur foto Anda dengan F-Spot dan menggunakan alat-alat populer seperti Picasa, Facebook dan Flickr. Untuk mengedit foto yang maju, menemukan sebuah aplikasi gratis dari Ubuntu Software Pusat.

No comments: